RSS

Penemuan Ilmuwan Muslim yang Terlupakan

23 Jun


Kehidupan modern tak lepas dari penemuan-penemuan ilmuwan muslim. Proyek 1001 kembali mengingatkan sejarah 1000 tahun warisan muslim yang terlupakan. “Ada sebuah lubang dalam ilmu pengetahuan manusia, melompat dari zaman Renaisans langsung kepada Yunani,” ujar Chairman Yayasan Sains, Teknologi dan Peradaban Profesor Salim al-Hassani pemimpin 1001 Penemuan. Saat ini Penemuan 1001 sedang pameran di Museum Sains London. Hassani mengharapkan pameran tersebut akan menegaskan kembali kontribusi peradaban non-barat, seperti kerajaan muslim yang suatu waktu pernah menutupi Spanyol dan Portugis, Italia selatan dan terbentang seluas daratan China. Inilah penemuan muslim yang luar biasa :

1. Operasi Bedah

Image

Sekitar tahun 1000, seorang dokter Al Zahrawi mempublikasikan 1500 halaman ensiklopedia berilustrasi tentang operasi bedah yang digunakan di Eropa sebagai referensi medis selama lebih dari 500 tahun.Diantara banyak penemu, Zahrawi yang menggunakan larutan usus kucing menjadi benang jahitan, sebelum menangani operasi kedua untuk memindahkan jahitan pada luka. Dia juga yang dilaporkan melakukan operasi caesar dan menciptakan sepasang alat jepit pembedahan.

2. Kopi

Image

Saat ini warga dunia meminum sajian khas tersebut tetapi, kopi pertama kali dibuat di Yaman pada sekitar abad ke-9. Pada awalnya kopi membantu kaum sufi tetap terjaga ibadah larut malam. Kemudian dibawa ke Kairo oleh sekelompok pelajat yang kemudian kopi disukai oleh seluruh kerajaan. Pada abad ke-13 kopi menyeberang ke Turki, tetapi baru pada abad ke-16 ketika kacang mulai direbus di Eropa, kopi dibawa ke Italia oleh pedagang Venesia.

3. Mesin Terbang

Image

Abbas ibn Firnas adalah orang pertama yang mencoba membuat konstruksi sebuah pesawat terbang dan menerbangkannya. Di abad ke-9 dia mendesain sebuah perangkat sayap dan secara khusus membentuk layaknya kostum burung. Dalam percobaannya yang terkenal diCordoba Spanyol, Firnas terbang tinggi untuk beberapa saat sebelum kemudian jatuh ke tanah dan mematahkan tulang belakangnya. Desain yang dibuatnya secara tidak terduga menjadi inspirasi bagi seniman Italia Leonardo da Vinci ratusan tahun kemudian.

4. Universitas

Image

Pada tahun 859 seorang putri muda bernama Fatima al-Firhi mendirikan sebuah universitas tingkat pertama di Fez Maroko. Saudara perempuannya Miriam mendirikan masjidindah secara bersamaan menjadi masjid dan universitas al-Qarawiyyin dan terus beroperasi selama 1.200 tahun kemudian. Hassani mengatakan dia berharap orang akan ingat bahwa belajar adalah inti utama tradisi Islam dan cerita tentang al-Firhi bersaudara akan menginspirasi wanita muslim di mana pun di dunia.

5. Aljabar

Image

Kata aljabar berasal dari judul kitab matematikawan terkenal Persia abad ke-9 ‘Kitab al-Jabr Wal-Mugabala’, yang diterjemahkan ke dalam buku ‘The Book of Reasoning and Balancing’.Membangun akar sistem Yunani dan Hindu, aljabar adalah sistem pemersatu untuk nomor rasional, nomor tidak rasional dan gelombang magnitudo. Matematikawan lainnya Al-Khwarizmi juga yang pertama kali memperkenalkan konsep angka menjadi bilangan yang bisa menjadi kekuatan.

6. Optik

“Banyak kemajuan penting dalam studi optik datang dari dunia muslm,” ujar Hassani. Diantara tahun 1.000 Ibn al-Haitham membuktikan bahwa manusia melihat obyek dari refleksi cahaya dan masuk ke mata, refleksi cahaya dan masuk ke mata, mengacuhkan teori Euclid dan Ptolemy bahwa cahaya dihasilkan dari dalam mata sendiri. Fisikawan hebat muslim lainnya juga menemukan fenomena pengukuran kamera di mana dijelaskan bagaimana mata gambar dapat terlihat dengan koneksi antara optik dan otak.

7. Musik

Image

Musisi muslim memiliki dampak signifikan di Eropa. Di antara banyak instrumen yang hadir ke Eropa melalui timur tengah adalah lute dan rahab, nenek moyang biola. Skala notasi musik modern juga dikatakan berasal dari alfabet Arab.

8. Sikat Gigi

Image

Menurut Hassani, Nabi Muhammad SAW mempopulerkan penggunaan sikat gigi pertama kali pada tahun 600. Menggunakan ranting pohon Miswak, untuk membersihkan gigi dan menyegarkan napas.Substansi kandungan di dalam Miswak juga digunakan dalam pasta gigi modern.

9. Engkol

Image

Banyak dasar sistem otomatis modern pertama kali berasal dari dunia muslim, termasuk pemutar yang menghubungkan sistem. Dengan mengkonversi gerakan memutar dengan gerakan lurus, pemutar memungkinankan obyek berat terangkat relatif lebih mudah.Teknologi tersebut ditemukan oleh Al-jazari pada abad ke-12, kemudian digunakan dalam penggunaan sepeda hingga kini.

Daftar Beberapa Ilmuwan Muslim Lainnya :

701 M Khalid bin Yazid

721 M Jabir Ibnu Hayyan (Geber )

740 M Al Asmai

780 M Al Khawarizm (Algorizm)

787 M Al Balkhi, Ja’far Muahammas (Albumasar)

796 M Al Farazi, Ibrahim bin Habib

800 M Al Kindi Ibnu Ishaq (Alkindus)

808 M Hunain Bin Ishaq

815 M Al Dinawari, Abu Hanifah Ahmad Dawud

836 M Thabit bin Qurrah (Thebit)

838 M Ali Bin Rabban At Tabari

852 M Abu Abdullah Al Battani (Al Bategni)

857 M Ibnu Masawaih (Yuhanna)

858 M Al Battani

860 M Al Farghani (Al Farganus)

884 M Al Razi (Razes)

870 M Al Farabi

900 M Abu Hamid ,Al Ustrulabi

903 M Al Sufi (Azophi)

908 M Thabit Bin Qurrah

912 M Muhammad Bin Amyal, At Tamimi

923 M Al Fadl bin Ahmad, A Nirizi

930 M Ahmad Abuali, Ibnu Miskawayh

932 M Ahmad Ath Thabari

936 M Abu Al Qasim, Al Zahrawi (Albuzasis)

940 M Muhammad Al Buzjani

950 M Abu Al Qasim, Al Majatti

960 M Abu Bakar, Ibnu Wahshiyh

965 M Ibnu Haitham (Alhazen)

973 M Abu Raihan, Al Biruni

976 M Ibnu Abil Ashath

980 M Ibnu Sina (Avicenna)

983 M Ikhwan As Safa (Assafa)

1019 M Al Hasib, Al Karji

1029 M Al Zarqali (Arzachel)

1044 M Omar, Al Khayyam

1060 M Ali Bin Ridwan Abu Hasan Ali

1077 M Abu Al Qasim, Ibnu Abi Sadia

1090 M Ibnu Zuhr (Avenzur)

1095 M Muhammad Bin Yahya, Ibnu Bajah

1097 M Diauddin, Ibnu Al Baitar (Bitar)

1099 M Al Idrisi (Dresses) 1100 M Ibnu Tufail Al Qaysi

1120 M Husain bin Ali, Al Tuhrai’

1128 M Ibnu Rushid (Averus)

1135 M Musa, Ibnu Maymun (Maimonides)

1155 M Abdur Rahman , Al Khazin

1162 M Abdul Latif Muwafaq, Al Baghdadi

1165 M Abul Abbas, Ibnu Rumiyyah (Annabati)

1173 M Rasyid Al Din Al Suri

1184 M Shihabud Din, Al Tifashi (Attifashi)

1201 M Nasirudin, Al Tusi

1203 M Muwaffaq Ad Din, Ibnu Abi Usaibi’ah

1204 M Albitruji (Alpetragius)

1213 M Ibnu Nafis Damshiq

1236 M Quthb Aldin , Al Shirazi

1248 M Ibnu Baitar

1258 M Azdi, Ibnu Banna Al Murrakishi

1273 M Al Fida (Abdulfida)

1306 M Ibnu Shatir Ad Damsyq

1329 M Muhammad Bin Aidamir, Al Jildaki

1351 M Abu Abbas Bin Tanbugha, Ibnu Majdi

1359 M Shihabudin Bin Tanbugha, Ibnu Magdi

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 23, 2012 in Sejarah

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: