RSS

Batik Cimahi, Warisan Budaya Bangsa

26 Jun

Batik berasal dari bahasa Jawa, yaitu ‘amba’ yang artinya menulis dan ‘titik’. Jenis dan corak batik sangat banyak dan tersebar hampir di seluruh daerah Indonesia. Namun, corak dan variasinya tergantung filosofi dan budaya masing-masing daerah tersebut.

Saat ini sedang hebohnya BATIK yang diklaim oleh TETANGGA . Seharusnya kita meningkatkan usaha untuk melestarikn budaya kita , kita harus bangga dan jangan sampai dicuri lagi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Salah satu cara untuk melestarikan batik yaitu , senang dan bangga menggunakan pakaian yang bermotif batik

Nah … sekarang saya akan menjelaskan batik apa saja yang ada di Cimahi

1. Motif Cirendeu

Tema ini mewakili masyarakat adat Kampung Cireundeu, di Leuwigajah, Cimahi Selatan. Sudah 80 tahun lebih warga setempat menjadikan singkong (sampeu) sebagai makanan pokok pengganti nasi. Sehingga motif daun singkong dan ketela mendominasi lukisan pada batik.

2. Motif Ciawitali

Merupakan nama sebuah kampung di Kecamatan Cimahi Tengah yang masih banyak ditumbuhi rumpun bambu. Lukisan batik Ciawitali didominasi lukisan bambu beserta anyamannya.

3. Motif Kujang

Motif ini dipilih sebagai salah satu tema batik khas Cimahi, karena kujang merupakan senjata tradisional khas Jawa Barat. Sekurangnya ada dua motif bertema kujang pada batik Cimahi. Masing-masing rereng kujang dan kujang cakra.

4. Motif Kuncup

Motif ini dipilih sebagai salah satu tema batik khas Cimahi, karena kata kuncup diambil dari bunga yang sedang kuncup.

5. Motif Anyaman Bambu

Motif ini dipilih sebagai salah satu tema batik khas Cimahi, karena kata anyaman bambu berarti susunan bambu yang dianyam.

6. Motif Curug Bambu

Motif ini dipilih sebagai salah satu tema batik khas Cimahi, karena kata curug bambu adalah perpaduan antara nuansa air terjun dan susunan bambu.

7. Motif Curug Bambu Singkong

Motif ini dipilih sebagai salah satu tema batik khas Cimahi, karena kata curug bambu singkong adalah perpaduan antara nuansa air terjun, susunan bambu, dan singkong.

8. Motif Curug Kerikil

Motif ini dipilih sebagai salah satu tema batik khas Cimahi, karena kata curug kerikil adalah perpaduan antara nuansa air terjun dan kerikil atau batu kecil.

9. Motif Daun Sampeu

Motif ini dipilih sebagai salah satu tema batik khas Cimahi, karena kata daun sampeu adalah berasal dari kata daun singkong.

Semoga hal ini bermanfaat dan jangan lupa untuk tetap bangga menggunakan batik , karena batik merupakan budaya Asli Indonesia ^_^

Sumber : http://lemburbatik.com

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Juni 26, 2012 in Budaya

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: