RSS

Selamat Tahun Baru 1434 H

14 Nov
Sekarang kita sudah masuk tahun baru Islam 1434 H. Banyak sekali orang, khususnya kawula muda di mana berada, menyambut tahun baru dengan senang-senang. Ada yang pesta kembang api, merconan, ngebut – ngebutan di jalan. Tetapi dalam memperingati tahun baru ini, banyak menimbulkan korban, seperti kecelakaan lalu lintas, kebakaran karena kena petasan mercon dan kembang api.Mestinya dalam memperingati tahun baru ini, dengan sujud syukur, serta membaca Alhamdulillah, karena kita masih diberi umur yang panjang oleh Allah SWT. Dalam QS. Ibrohim : 7 , dijelaskan barang siapa yang selalu mensyukuri nikmat Allah, akan diberikan tambahan kenikmatan, namun barangsiapa yang mengkufuri nikmat Allah, sesungguhnya siksa Allah itu sangat pedih.

Di tahun baru ini, kita harus lebih prihatin, karena disamping banyak bencana alam, seperti banjir, tanah longsor, gempa bumi juga karena banyak kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari – hari mulai sandang, pangan dan papan harganya mulai merangkak naik. Di tahun baru ini pula kita juga harus mengencangkan ikat pinggang dalam arti hidup sederhana, mementingkan kebutuhan – kebutuhan pokok, kebutuhan yang tidak penting harap ditunda terlebih dahulu. Di tahun baru ini kita jangan berfoya – foya, jangan berpangku tangan saja, dan tetap berusaha mencukupi kebutuhan sehari – hari dengan jalan halal dan selalu mengharapkan ridho dari Allah SWT. Nabi bersabda : Beramallah untuk duniamu seolah – olah engkau hidup selama – lamanya, dan beramallah untuk akheratmu, seolah – olah engkau akan mati besok. Dalam Firmannya Allah juga menegaskan : Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum kaum itu mau merubah nasibnya sendiri.
Yang paling penting dalam memperingati tahun baru ini, kita harus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Mari kita bersama, menghitung apa saja yang sudah kita laksanakan, baik itu yang berskala kecil sampai yang berskala besar. Apakah amalan – amalan yang sudah kita laksanakan sudah sesuai dengan syareat Islam atau belum ? Jika belum sesuai dengan syareat Islam, mari kita dalam memperingati tahun baru ini, kita tingkatkan amalan – amalan yang baik.
Usaha untuk menghitung amal perbuatan kita, merupakan tindakan yang baik, terpuji, apalagi saat krisis ekonomi melanda bangsa Indonesia saat ini, bisa membawa dampak positif bagi orang yang beriman, karena dengan cara yang demikian, kita dapat terhindar dari perbuatan – perbuatan maksiat dan bisa memperbaiki amalan – amalan yang kurang baik. Firman Allah : Hitunglah amal – amal kalian semuanya, sebelum kamu sekalian dihisab/dihitung oleh Allah SWT.
Kita harus bersyukur kepada Allah SWT, karena kita semua masih bisa menjumpai tahun baru. Berarti menurut perhitungan matematika, umur kita bertambah, tetapi menurut hitungan agama berarti umur kita malah berkurang. Dengan bertambahnya umur kita, berarti semakin dekatnya kita menghadap kepada Allah SWT. Umur yang panjang mari kita syukuri, kita isi dengan kesibukan amaliyah – amaliyah yang mencerminkan agama Islam, yang mencerminkan akhlakul karimah. Rasulullah sudah bersabda : Sebaik – baik manusia adalah orang – orang yang diberi umur panjang dan baik perbuatannya.
Mari dalam menyambut tahun baru, kita sambut dengan kesibukan amal dan usaha, jangan berfoya – foya, jangan berpangku tangan, jangan berjiwa mlempem karena krisis yang berkepanjangan ini. Dengan tahun baru pertanda kemajuan Islam. Hal ini kita sebagai umat Islam harus kompak. Pemerintah, masyarakat dan ulama dituntut untuk bekerja dan berusaha sekuat tenaga untuk kemajuan syiar Islam. Sehingga Islam yang tinggi, Islam yang mulia, Islam yang rahmatal lil’alamin dapat dirasakan bersama.

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada November 14, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: