RSS

Kumpulan Fakta Unik di Dunia Sepak Bola

10 Feb
1. 20 kartu merah dikeluarkan di sebuah pertandingan Sportivo Ameliano vs General Caballero (Paraguay) thn 1993 (wah, ini sepak bola apa tawuran..?)
2. Klub ASEC Abidjan (Pantai Gading) tak tekalahkan selama 108 games dari thn 1989 – 1994! (Super sekali sobat blogger :D)
3. Carlos Caszely (pemain Chili) adalah pemain yang terkena kartu merah pertama di Piala Dunia, tgl, 14 Juni 1974
4. Timnas negara Eropa selalu mencapai final di setiap gelaran Piala Dunia, kecuali tahun 1930 dan 1950
5. Kiper Arthur Wharton adalah pemain profesional berkulit hitam pertama. Dia lahir di Ghana dan bermain untuk tim liga Inggris Rotherham United tahun 1889
6. Tahun 1950, India menarik diri dari Piala Dunia karena tidak diijinkan bermain tanpa alas kaki (hahaha ada ada aja ya sob..)
7. Tahun 1954, Turki kalah dari Spanyol saat kualifikasi Piala Dunia karena batang jerami. Pemain Italia Franco Gemma menutup matanya dan mengambil batang jerami dan dinyatakan sebagai pemenang pertandingan
8. Tahun 1957, hanya tersisa 30 menit, Charlton Athletic berhasil membalikkan skor dari ketinggalan 5-1 atas Huddersfield Town menjadi kemenangan 7-6! (Hebat nih orang..)
9. Tahun 1968, Penarol (klub Paraguay) hanya kemasukan 5 gol dalam 18 pertandingan liga dan tak terkalahkan sepanjang musim! (Wow! Barcelona saja belum bisa kayak gitu..)
10. Tahun 1996, George Weah membayar sendiri kaos dan gaji pemain (sekaligus teammates) Timnas Liberia (awas kantong kering sob.. :D)
11.Tahun 1997, pemain internasional Nigeria, Celestine Babayaro mengalami patah kaki saat merayakan gol pada pertandingan debut preseason bersama Chelsea (jgn terlalu berlebihan makanya sob…)
12. Tahun 1998, wasit Inggris Martin Sylvester mengeluarkan dirinya sendiri dengan kartu merah sesaat setelah memukul seorang pemain pada pertandingan The Andover dan District Sunday!
13. Tahun 1999, pelatih Leganes, Enrique Martin mendapat hukuman 10 kali pertandingan setelah berlari mendekati pemain lawan yang mencetak gol
14. Skor Terbesar Di Dunia Dalam Pertandingan Internasional adalah 31-0. Yang Bertanding adalah Timnas Australia melawan Timnas Samoa Amerika (Hebat , hebat.. ck ck ck)15. Ribuan pendukung tim sepak bola Argentina gagal menonton pertandingan final pada 1930, karena kapal-kapal mereka tertunda oleh kabut yang sangat tebal. Delapan dari sepuluh kapal yang dicarter tidak dapat tiba pada waktunya. Untunglah wasit pertandingan menumpang kapal pertama yang tiba di tujuan.

16. di Piala dunia 1998 para pemain RUMANIA memiliki warna dan model rambut yang sama, gambarnya seperti diatas (beginilah yg namanya sebuah tim sob, heheh :D) PIC ada di bawah..

17. Setelah bertanding melawan Spanyol dalam babak kualifikasi pada 1993, tim sepak bola Albania dilarang tukar-menukar kaos oleh pelatihnya, karena mereka tidak punya cukup uang untuk membuat kaos yang baru dan ingin mengenakannya lagi untuk pertandingan berikutnya. (kasian sob)
18. Ronaldo mengubah model rambutnya setelah Brasil mengalahkan Inggris pada babak perempat final Piala Dunia 2002 agar tampil beda dengan temannya, Roberto Carlos? Masalahnya, Ronald, anak lelakinya, mencium layar TV dan berseru ‘Ayah!’ ketika Roberto Carlos muncul di layar TV!” (hahahha)
19. Dalam pertandingan babak penyisihan untuk Piala Dunia 1950, AS mengalahkan Inggris dengan angka 1-0? Namun koran-koran di Britania menurunkan laporan bahwa Inggris mengalahkan AS dengan angka 1-10, karena mereka yakin bahwa si wartawan telah membuat kesalahan ketik.”
20. Pemain sepak bola Italia, Raimundo Orsi kembali ke stadion sehari setelah final Piala Dunia 1934 untuk menunjukkan tendangan lengkungnya yang spektakular, sementara para juru foto bersiap-siap untuk mengambil gambar yang menciptakan gol kemenangan di babak final? Orsi mencoba lebih dari 20 kali mengulangi tendangan yang sama di tempat yang sama, namun gagal terus!” (Pasti malu tuh sob 😀 ,wkwkwk)
21. Tayangan sepakbola pertama kali disiarkan secara langsung pada tahun 1937, yaitu pertandingan latihan internal klub Arsenal di stadion Highbury.
22. Norman Whiteside adalah pemain termuda di dunia pertandingan sepakbola profesional. Usianya 17 tahun 47 hari saat pertama kali bermain, yg kemudian mengalahkan record Pele.
23. Celana seorang Striker Italia, Giuseppe Meazza, melorot (kemudian terkenal dengan istilah ‘playing shorts’) ketika dia sedang melakukan tendangan penalti dalam sebuah pertandingan semifinal Piala Dunia 1938.24. Michael Laudrup adalah pemain Barcelona ketika dalam sebuah pertandingan melawan Real Madrid, timnya itu menang 5-0. Kemudian, ketika dia pindah ke Real Madrid, dalam sebuah pertandingan melawan Barcelona, timnya ini juga menang 5-0.

sumber : google , blog , wordpress

Iklan
 
3 Komentar

Ditulis oleh pada Februari 10, 2013 in Pengetahuan Umum

 

3 responses to “Kumpulan Fakta Unik di Dunia Sepak Bola

  1. jaka setiawan

    April 24, 2013 at 12:45 pm

    gan, kalau ngga salah sih pertandingan yg golnya paling banyak 32-0 australia vs ame samoa. karena saya punya videonya.

     
  2. jaka setiawan

    April 24, 2013 at 12:47 pm

    yg btul itu saat pertandingan australia vs samoa 32-0. aye pnya videonya.

     
    • fathanfr

      Mei 12, 2013 at 7:20 pm

      iya gan , dari beberapa sumber lain memang 32 – 0 , tapi saya lihat di wikipedia 31 – 0 . Terimakasih atas masukannya 😀

       

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: