RSS

Menjelang dan Saat Kelahiran Nabi Muhammad saw.

12 Mei
muhammad
Nabi Muhammad saw. lahir pada tanggal 12 Rabi’ul Awal tahun Gajah atau
pada 20 April tahun 571 Masehi. Ayahnya, Abdullah, sudah meninggal dunia saat beliau berusia 7 bulan dalam kandungan. Banyak peristiwa besar yang terjadi menjelang kelahirannya, yaitu:
1. Pasukan Gajah dan Burung Ababil
Raja Abraha merasa kesal karena banyaknya orang yang berbondong-bondong mengunjungi kakbah, sehingga dia membangun gereja yang megah untuk menyaingi kakbah. Namun geraja tersebut diabaikan, malah ada yang melemparinya dengan kotoran manusia. Raja Abraha pun merasa marah hingga memutuskan untuk menghancurkan kakbah. Dalam perjalanan, pasukan gajah Raja Abraha yang dipimpin oleh Panglima Abu Rughal diserang oleh burung-burung ababil yang membawa batu-batu panas dan berpijar.2. Api Majusi Padam
Sebelum kelahiran Nabi Muhammad saw, masyarakat majusi menyembah api dan menganggap api itu sebagai Tuhan. Api itu tidak pernah padam selama beratus-ratus tahun. Namun saat Nabi Muhammad saw. lahir api itu mati seketika. Para pengikut Majusi berusaha menyalakan apinya, tapi tetap tidak menyala.

3. Jin Tidak Bisa Mencuri Berita
Sebelum kelahiran Nabi Muhammad saw. para jin leluasa mencuri berita gaib dari langit untuk disampaikan kepada para tukang sihir. Setelah kelahiran Nabi Muhammad saw. jin yang berusaha mencuri dengar berita gaib dari langit akan menjumpai panah api yang akan membunuh mereka.

4. Bintang Besar Bercahaya
Para ahli kitab (kaum Yahudi dan Nasrani) melihat bintang besar dan bercahaya seperti berlensa tepat dihari kelahiran Muhammad saw., sebelumnya bintang itu tidak pernah terlihat. Di antara mereka ada yang berseru, “Nabi penutup zaman sudah lahir”.

5. Salam Burung-Burung
Saat kelahiran Nabi Muhammad saw., burung-burung indah berterbangan diatas langit mekkah dan berkicau seolah memberi salam sejahtera kepada nabi akhir zaman.

6. Pohon Kurma Kering Kembali Berbuah
Dalam Injil (kitab suci Nabi Isa a.s.) digambarkan tentang tanda-tanda kelahiran Nabi Muhammad saw. “Ketika pohon-pohon kurma yang sudah kering tiba-tiba keluar daunnya, maka pada saat itulah Nabi Muhammad saw. telah lahir kedunia ini.”
Hal itu benar terjadi, namun orang-orang Yahudi menyembunyikannya karena kedengkian mereka kepada Nabi Muhammad saw. yang bukan berasal dari Bani Israil.

7. Mata Air Kering Memancar Kembali
Di kitab Zabur (kitab suci Nabi Daud a.s.) dikabarkan juga tentang kelahiran Nabi Muhammad saw. “Ketika mata air yang sudah kalian kenal kering dan tiba-tiba memancarkan air dengan derasnya maka pada saat itulah Nabi Muhammad saw. telah lahir ke dunia.” Karena kedengkian orang-orang Yahudi juga menyembunykan tanda-tanda yang mereka ketahui.

8. Berhala Bersujud
Diriwayatkan bahwa sesungguhnya Abdul Muthalib berkata, “Sewaktu ku berada di dekat kakbah, patung berhala yang ada di dalam kakbah tiba-tiba jatuh tersungkur dari tempatnya dalam bentuk bersujud kepada Allah Ta’ala. Aku juga mendengar suara dari dinding kakbah, ‘Nabi terpilih telah lahir yang akan menghancurkan orang-orang kafir, dan membersihkan aku dari beberapa patung berhala, serta memerintahkan untuk menyembah kepada Dzat Yang Merajai Alam ini.”

9. Suara dari Kakbah
Ada suara lain dari kakbah saat Rasulullah saw. lahir. Antara lain berbunyi “Katakanlah telah datang kebenaran (Islam) dan tidak akan memulai kebatilan, juga tidak akan mengembalikan kekufuran.”

10. Aminah Tidak Merasa Letih
Selama mengandung Muhammad saw., Aminah sang ibunda tidak merasa letih akibat kandungannya. Padahal setiap wanita yang hamil selalu merasa letih karena kandungannya.

11. Suster dari Surga
Aminah merasakan tanda-tanda akan melahirkan secara tiba-tiba pada malam hari. Pada saat itu mertuanya Abdul Muthalib sedang pergi ke Masjidilharam. Sementara, Abdullah suaminya, sudah meninggal dunia. Kemudian, datang banyak wanita cantik. Ada 2 wanita yang jadi perhatian Aminah, mereka memberi salam dan menyebut dirinya Asiya (istri Raja Fir’aun) dan Maryam (ibu Nabi Isa a.s.).

12. Aminah Tidak Merasa Sakit
Aminah tidak merasa sakit layaknya wanita yang melahirkan. Padahal saat itu belum ada obat bius sehingga melahirkan benar-benar secara alami.

13. Rasulullah saw. Lahir Sudah Dikhitan
Berbeda dengan bayi pada umumnya, Rasulullah saw. lahir dalam  keadaan bersih, sudah dikhitan. Tali pusarnya telah terpotong karena kehendak Allah swt. Selain itu, Beliau lahir dengan keharuman yang semerbak. Rambutnya berminyak dan kedua matanya sudah bercelak.

14. Lahir Langsung Sujud
Ketika baru keluar dari rahim ibunya, Rasulullah saw. langsung bersujud menghadap Allah swt. dan berkata, “Umatku…Umatku…” dalam sujudnya.

15. Memandang Langit
Begitu lahir Rasulullah saw. meletakan tangannya di bumi dan mengangkat kepala memandang langit yang tinggi. Ini sebagai tanda kepemimpinannya dan ketinggian derajatnya, serta sebagai isyarat keluhuran martabatnya melebihi seluruh umat manusia.

Begitulah, kisah-kisah istimewa dan ajaib yang melingkupi peristiwa menjelang sampai kelahiran Muhammad saw. Sungguh semua itu adalah bukti bahwa Rasulullah saw. adalah manusia pilihan, utusan yang jadi penghulu para nabi dan sebaik-baik manusia.

sumber : http://indahjulia.blogspot.com/2012/04/menjelang-dan-saat-kelahiran-nabi.html

Iklan
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Mei 12, 2013 in Dunia Muslim

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: